Sekilas Tentang Penyakit Virus Ebola Yang Mematikan

Assalamu'alaikum Sahabat Sehat ...???

Virus Penyakit Ebola


Serbahealthy - Virus penyakit Ebola (sebelumnya dikenal sebagai Ebola hemorrhagic virus demam) adalah penyakit yang sering fatal parah pada manusia.Virus ini ditularkan ke manusia dari hewan liar dan kemudian menyebar di populasi dengan penularan dari manusia.Tingkat kematian rata-rata sekitar 50%. Dalam wabah sebelumnya, tingkat pergi dari 25% menjadi 90%.

Ebola wabah penyakit pertama terjadi di desa-desa terpencil di Afrika Tengah, dekat hutan tropis, namun wabah baru-baru ini di Afrika Barat telah mempengaruhi pusat-pusat kota besar serta daerah pedesaan.Partisipasi masyarakat sangat penting untuk mengendalikan wabah. Agar efektif, pertarungan harus didasarkan pada seperangkat intervensi: dalam manajemen kasus, pengawasan dan pelacakan kontak, layanan laboratorium kualitas, penguburan aman dan mobilisasi sosial.

Dukungan awal rehidrasi perawatan berpusat dan pengobatan simtomatik meningkatkan tingkat ketahanan hidup. Tidak ada pengobatan yang disetujui sejauh ini menunjukkan kemampuannya untuk menetralisir virus, namun beberapa perawatan (berasal dari darah, imunologi dan obat) berada di bawah studi.Saat ini tidak ada vaksin yang disetujui terhadap virus Penyakit Ebola, namun kedua kandidat sedang dievaluasi.

Informasi Umum Penyakit Ebola

Virus Ebola menyebabkan akut dan serius, sering fatal jika tidak diobati. Penyakit Ebola muncul untuk pertama kalinya pada tahun 1976, ketika dua wabah simultan di Nzara (sekarang Sudan Selatan) dan Yambuku (DRC). Yambuku yang terletak di dekat Sungai Ebola, itu memberi nama menjadi penyakit.

Melonjak sekarang berkecamuk di Afrika Barat (kasus pertama dilaporkan Maret 2014) adalah yang terbesar dan paling kompleks karena virus ini ditemukan pada tahun 1976. Hal ini telah menghasilkan lebih banyak kasus dan kematian dari semua wabah sebelumnya digabungkan. Wabah ini juga memiliki kekhususan yang telah menyebar dari satu negara ke negara lain, mulai dari Guinea untuk mencapai Sierra Leone dan Liberia (melintasi perbatasan darat - dalam kasus traveler), Nigeria dan Amerika Serikat (melalui wisatawan), Senegal dan Mali (melalui dua wisatawan).

Negara yang paling terkena dampak (Guinea, Sierra Leone dan Liberia) memiliki sistem sangat lemah kesehatan, sumber daya kurangnya daya manusia dan infrastruktur dan masih muncul dari periode panjang konflik dan ketidakstabilan. Pada tanggal 8 Agustus, WHO Direktur Jenderal mengatakan bahwa wabah di Afrika Barat merupakan keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional di bawah Peraturan Kesehatan Internasional (2005).

virus keluarga Filoviridae memiliki tiga genre: Cuevavirus, Marburgvirus dan Ebolavirus. Lima spesies diidentifikasi: Zaire, Bundibugyo, Sudan, Reston dan Tai Forest. Tiga pertama dikaitkan dengan wabah Afrika signifikan. Virus yang menyebabkan wabah pada tahun 2014 di Afrika Barat milik spesies Zaire.

Transmisi Virus Penyakit Ebola

Diperkirakan bahwa kelelawar buah dari keluarga Pteropodidae adalah tuan rumah alami dari virus Penyakit Ebola. Ini masuk ke dalam populasi manusia setelah kontak dekat dengan darah, sekresi, organ atau cairan tubuh dari hewan yang terinfeksi seperti simpanse, gorila, kelelawar pemakan buah, monyet, antelop kayu atau landak ditemukan sakit atau mati di hutan hujan.

Kemudian menyebar dengan penularan dari manusia sebagai akibat dari kontak langsung (kulit rusak atau selaput lendir) dengan darah, sekresi, organ atau cairan tubuh dari orang yang terinfeksi atau dengan permukaan dan bahan (misalnya linen tidur, pakaian) yang telah terkontaminasi oleh cairan.

Petugas kesehatan sendiri sering terinfeksi dalam menangani dicurigai atau dikonfirmasi kasus virus penyakit  Ebola. Hal ini terjadi dalam kontak dekat dengan pasien ketika pencegahan dan pengendalian infeksi tidak ketat.

Upacara pemakaman di mana kerabat dan teman-teman almarhum berada dalam kontak langsung dengan tubuh juga dapat berperan dalam transmisi Ebola.Subyek dengan tetap menular seperti virus hadir dalam darah mereka.

Tidak ada bukti resmi penularan penyakit seksual, tetapi penularan seksual dari pasien sembuh tidak dapat dikesampingkan. Data ilmiah menunjukkan bahwa virus Ebola hidup dapat diisolasi di dalam air mani laki-laki dalam masa penyembuhan untuk 82 hari setelah timbulnya gejala. Kami belum memiliki bukti atas 82 hari. Tidak ada bukti dari keberadaan virus Ebola yang tinggal di sekresi vagina.


Gejala Virus Penyakit Ebola

Masa inkubasi, yaitu waktu antara infeksi dan timbulnya gejala, berkisar antara 2 sampai 21 hari. Selama mereka tidak menunjukkan gejala, manusia tidak menular. Gejala pertama adalah demam kelelahan tiba-tiba, nyeri otot, sakit kepala dan sakit tenggorokan. Mereka diikuti oleh muntah, diare, ruam, gejala ginjal dan hati kegagalan dan, dalam beberapa kasus, perdarahan internal dan eksternal (misalnya, gusi berdarah, darah dalam tinja). Temuan laboratorium menunjukkan rendah sel darah putih dan platelet, peningkatan enzim hati.

Diagnosa Virus Penyakit Ebola

Virus Penyakit  Ebola bisa sulit untuk membedakan dari penyakit menular lainnya seperti malaria, demam tifoid dan meningitis. Penyelidikan berikut digunakan untuk mengkonfirmasi bahwa infeksi dengan virus Ebola adalah penyebab dari gejala-gejala:
  • Immunosorbent Assay (ELISA)
  • Tes laboratorium untuk antigen capture
  • uji netralisasi serum
  • reverse transkripsi diikuti oleh polymerase chain reaction (RT-PCR)
  • mikroskop elektron
  • isolasi virus dalam kultur sel

Sampel dari pasien menyajikan Biohazard ekstrim. Oleh karena itu, analisis laboratorium pada sampel non-tidak aktif harus sesuai dengan kondisi penahanan yang paling kuat.

Pengobatan dan vaksin Penyakit Ebola

Dukungan rehidrasi oral atau intravena dan pengobatan gejala spesifik meningkatkan tingkat ketahanan hidup. Tidak ada pengobatan yang tersedia sejauh ini terbukti melawan virus Penyakit Ebola. Namun, berbagai perawatan potensial, termasuk produk darah, terapi kekebalan tubuh dan perawatan obat sedang dievaluasi. Tidak ada vaksin berlisensi belum tersedia, tetapi saat ini menilai keamanan dua vaksin potensial pada manusia.

Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Ebola

Untuk secara efektif memerangi wabah, perlu untuk menerapkan satu set intervensi: dalam manajemen kasus, pengawasan dan pelacakan kontak, layanan laboratorium kualitas, penguburan aman dan mobilisasi sosial. Partisipasi masyarakat sangat penting untuk mengendalikan wabah. Kesadaran faktor risiko infeksi oleh virus Ebola dan upaya perlindungan yang mungkin adalah cara yang efektif untuk mengurangi penularan pada manusia. Pesan pada pengurangan risiko harus fokus pada faktor-faktor berikut:

Mengurangi risiko penularan antara satwa liar dan manusia melalui kontak dengan kelelawar buah atau monyet / primata terinfeksi dan dengan memakan daging mentah. Kita harus menangani hewan dengan sarung tangan dan memakai pakaian pelindung lainnya. Produk dari hewan-hewan ini (darah dan daging) harus dimasak dengan matang sebelum dikonsumsi.

Mengurangi risiko penularan manusia dari kontak langsung atau dekat dengan subyek dengan gejala Ebola, terutama dengan cairan tubuh mereka. Harus memakai sarung tangan dan alat pelindung diri ketika berhadapan rumah sakit. Hal ini juga harus sistematis mencuci tangan setelah pasien dikunjungi di rumah sakit atau setelah merawat pasien di rumah.

Mengurangi potensi risiko penularan seksual karena tidak mungkin untuk menghilangkan risiko penularan, para pria dan wanita yang selamat dari penyakit virus Ebola harus menahan diri dari semua jenis hubungan seksual (termasuk anal atau oral seks) untuk setidaknya tiga bulan setelah timbulnya gejala. Jika pantangan tidak mungkin, menggunakan kondom perempuan laki-laki atau. Kontak dengan cairan tubuh harus dihindari dan harus dicuci dengan sabun dan air. WHO tidak merekomendasikan laki-laki isolat atau pasien sembuh perempuan yang tes darah telah negatif bagi penyakit Ebola.

Tindakan penahanan termasuk melonjak penguburan cepat dan aman dari orang mati, mata pelajaran mengidentifikasi yang mungkin telah melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi Ebola, pemantauan kontak status kesehatan selama 21 hari, pemisahan subyek sehat / pasien untuk mencegah penyebaran, baik kebersihan dan menjaga lingkungan yang bersih.

Melawan infeksi di fasilitas perawatan kesehatan

Petugas kesehatan harus selalu menerapkan tindakan pencegahan standar ketika merawat pasien, terlepas dari diagnosis dugaan. Tindakan pencegahan ini berhubungan dengan aturan dasar kebersihan, kebersihan pernapasan, pemakaian alat pelindung diri (untuk melindungi terhadap percikan atau kontak lainnya dengan bahan yang terinfeksi) dan keamanan suntikan dan upacara pemakaman.

Petugas kesehatan yang merawat dicurigai atau dikonfirmasi kasus infeksi Ebola harus, di samping tindakan pencegahan penggunaan, mengambil langkah-langkah pengendalian infeksi lainnya untuk menghindari kontak dengan darah atau cairan tubuh pasien atau dengan permukaan yang terkontaminasi dan bahan-bahan seperti pakaian dan sprei Dalam kontak dekat dengan orang sakit (yang mengatakan, kurang dari satu meter), mereka harus memakai pelindung wajah (face shield atau masker bedah dan kacamata), mantel bersih, non steril lengan panjang, dan sarung tangan (steril untuk prosedur medis).

Karyawan laboratorium juga berisiko. Sampel diambil dari manusia atau hewan untuk mencari infeksi Ebola harus ditangani oleh staf terlatih dan diproses di laboratorium sesuai dilengkapi.

Tindakan WHO Terhadap Penyakit Ebola

WHO bertujuan untuk mencegah Ebola wabah melalui pengawasan penyakit dan negara-negara membantu beresiko untuk mengembangkan rencana kesiapsiagaan. Dokumen tersebut memberikan pedoman umum untuk memerangi wabah karena dua virus ini.

Wabah penyakit di Ebola dan Marburg persiapan virus, peringatan, pengendalian dan evaluasi Ketika wabah terdeteksi, WHO terlibat dalam memberikan bantuan kepada monitoring, mobilisasi masyarakat, dalam manajemen kasus, layanan laboratorium, kontak penelitian, pengendalian infeksi , dukungan logistik dan pelatihan dan bantuan untuk praktik penguburan yang aman.WHO telah mengembangkan panduan rinci tentang pencegahan dan melawan infeksi dengan virus Ebola. 

Sumber : WHO Media centre

Sekilas Tentang Penyakit Virus Ebola Yang Mematikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dtrs

14 Comments

WHO blom nemu Vaksinnya parah, berarti kalah pinternya sama oknum indo yang bikin vaksin:v vaksin palsu XD

thx infonya gan,nambah wawasan lagi nih hehehe

Bisa menyebab kan kematian yaa mas?

kemungkina bisa menyebabkan kematian nih

Tingkat kematiannya sangat besar nih, jadi tambah waspada sama ni virus

kira-kira penyakit ebola udh tersebar diindonesia belum ya mas?

Ternyata ada juga virus seperti ini, Harus cepat - cepat dibuatkan vaksinya

Waduh. Ya tuhan smga g masuk indon.

Nice info, Sangat bermanfaat. Bagi anda yang memiliki masalah penyakit kelamin, anda bisa mengunjungi klinik Apollo untuk melakukan pemeriksaan. Klinik Apollo merupakan penyedia layanan kesehatan berbasis klinik yang menangani masalah penyakit kulit dan kelamin yang terletak di daerah Jakarta pusat. bekerja sama dengan berbagai rumah sakit serta klinik Internasional, juga ditunjang peralatan medis canggih serta dokter ahli spesialis yang sudah berpengalaman dibidangnya, anda bisa mengunjungi klinik apollo untuk melakukan pemeriksaan dan mendapatkan penanganan segera.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar penyakit kelamin yang anda rasakan, jangan ragu untuk bertanya pada kami karena isi konsultasi aman terjaga, privasi pasien terlindugi, dan anda bisa tenang berkonsultasi langsung dengan kami. Anda dapat menghubungi hotline di (021)-62303060 untuk berbicara dengan ahli Klinik Apollo, atau klik website bawah ini untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis klinik Apollo.
Wartadokter
klinikkesehatan
kesehatankelamin

I really like your blog and thanks for the blog that you shared with them
dewa poker

 

Top