MAKANAN VITAMIN A

MAKANAN VITAMIN A

Kali ini saya akan memahas bagaimana yang dikatakan dengan "makanan yang mengandung vitamin A, Makanan (buah dan sayur) sumber Vitamin A – Vitamin, itulah salah satu kata yang sangat erat hubungannya dengan dunia kesehatan. Vitamin terdiri dari beberapa jenis, ada vitamin A, B, C, D, E, dan K. semua vitamin tersebut mempunyai manfaat yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Sama halnya dengan vitamin yang lainnya, vitamin A juga sangat penting untuk menjaga kesehatan anggota tubuh kita. Salah satu manfaat vitamin A yang terkenal adalah unuk menjaga kesehatan mata anda. Namun disini saya tidak akan membahas tentang manfaat vitamin A bagi tubuh kita, namun begitu jika anda tertarik untuk mengetahui manfaat lain vitamin A bagi tubuh kita, silahkan lihat artikel selanjutnya dari saya. Disini kitta akan membahas terlebihh dahulu apa saja makanan yang mempunyai kandungan vitamin A tinggi 

MAKANAN VITAMIN A

.Sedikit pengetahuan, vitamin A merupakan salah satu vitamin yang dapat terlarut didalam lemak yang mempunyai peran penting dalam proses pembentukan system penglihatan yang baik. Ada beberapa senyawa didalam vitamin A yang dikelompokkan dalam vitamin A, antara lain retinol, retinil pelmitat, dan juga retinil astetat. Namun, sering kali vitamin A hanya dirujuk pada reinol, karena memang retinol lah yang banyak berperan aktif didalam tubuh. Lantas, dimana kita dapat mendapatkan vitamin A? simak ulasan berikut ini.

Apa itu Vitamin A?

Vitamin A adalah kelompok senyawa yang termasuk sebagai anti oksidan untuk tubuh. Senyawa anti oksidan ini menjadi kunci penting untuk kesehatan mata, mendukung sistem pertumbuhan tulang dan juga sistem kekebalan tubuh. Fungsi lain dari vitamin A adalah untuk mensuplai selaput lendir pada bagian mata, menghambat perkembangan infeksi virus dan bakteri serta mengatasi masalah penyakit pernafasan seperti asma. Jadi, vitamin A memiliki fungsi yang sangat banyak untuk tubuh, selain untuk menjaga kesehatan mata.

Jenis-Jenis Vitamin A 

Pada dasarnya sumber vitamin A dilihat berdasarkan sumber asalnya. Dua jenis vitamin A berdasarkan sumbernya adalah sebagai berikut:
1. Retinol
Retinol adalah jenis vitamin A yang didapatkan dari hewan. Bentuk vitamin ini dapat dimanfaatkan secara langsung oleh tubuh dan tidak mengalami pengolahan di dalam tubuh.

2. Karotenoid
Karotenoid adalah salah satu bentuk pro vitamin A yang diolah menjadi retinol oleh tubuh. Sumber makanan yang memiliki karotenoid adalah sayuran, buah-buahan dan beberala tanaman umbi.

Makanana Yang Mengandung Vitamin A dari Buah dan Sayur

Makayanan yang mengandung vitamin A dari Hewan biasanya disebut dengan retinol. Ada banyak jenis daging atau produk olahan dari hewan yang mengandung vitamin A. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Sawi
Sawi adalah jenis sayuran hijau yang mudah kita temukan. Sawi termasuk dalam kelompok tanaman kubis atau sayur persilangan. Sawi ditemukan dengan beberapa jenis dan bentuk yang berbeda. Di Indonesia sayur sawi disebut berdasarkan warna seperti sawi hijau, chaisin, atau sawi putih. Semua jenis sawi mengandung vitamian A hingga 9.760 per 50 gram. Kandungan vitamin A dalam sawi semakin tinggi bila telah direbus atau dimasak paling tidak sekitar 5 menit. 

Bayam (11.450 IU/ 100 gr, 200% ) 
Sayur bayam adalah makanan favorit semua orang bahkan anak-anak sangat menyukai sayur bayam. Anda bisa mengolah sayur hijau ini menjadi sup atau tumis. Kebiasaan membuat sup bayam dan wortel menjadi salah satu sumber makanan yang sangat sehat untuk tubuh. Harga sayuran bayam juga sangat murah sehingga terjangkau untuk semua orang. Tapi khasiat bayam ternyata sangat tinggi, dalam 100 gram sayur bayam yang sudah dimasak bisa memiliki kandungan vitamin A hingga 11.450 IU. Ini adalah jumlah vitamin A yang cukup untuk orang dewasa termasuk pria dan wanita. Selain itu bayam juga mengandung beberapa manfaat yang sangat penting untuk kesehatan. berikut ini beberapa manfaat bayam untuk kesehatan

Wortel (16,705 IU / 100 gr, 334% DV)
Wortel adalah sayur untuk semua umur, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Wortel memiliki rasa yang segar dan bisa diolah menjadi beberapa jenis makanan seperti salad, sup, nugget dan olahan lain. Rasa manis dan renyah pada wortel membuat sayuran ini sangat lezat untuk dimakan.Selain itu dalam 100 gram wortel ditemukan sekitar 16,705 IU atau sekitar 334% DV dari total kebutuhan untuk wanita dan pria. Jumlah kandungan vitamin ini sangat tinggi dan menguntungkan untuk kesehatan tubuh. Kandungan vitamin A dalam wortel bisa tetap didapatkan baik dalam bentuk jus wortel maupun sudah dimasak

Labu (19.060 IU atau sekitar 820% DV)
Labu bisa ditemukan pada musim-musim tertentu. Buah labu berbentu bulat dengan warna daging oranye. Anda bisa mengolah labu menjadi agar-agar, kue, kolak, atau masakan lain. Rasa alami pada labu adalah manis dan memiliki sifat mengenyangkan. Dalam 50 gram potongan labu yang sudah dimasak ditemukan kandungan vitamin A sebesar 19.060 IU atau sekitar 820% DV untuk kebutuhan wanita. Jumlah ini sangat besar dan bisa menjadi salah satu sumber vitamin A yang murah dan mudah didapatkan

Ubi Jalar (19218 IU/ 100gr, 760 % Dv)
Ubi jalar adalah tanaman umbi-umbian yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Ubi kuning adalah jenis ubi jalar yang banyak mengandung vitamin A. Dalam 100 gram ubi jalar ditemukan sekitar  19218 IU vitamin A atau sekitar 760 % DV dari kebutuhan konsumsi harian

Makanana Yang Mengandung Vitamin A Dari Daging & Hewan

Hati Sapi (31,718 IU / 100 gr, 634 % Akg)
Hati sapi terkadang dilihat sebagai makanan yang banyak mengandung kolesterol dan lemak. Tapi semua itu ternyata tidak benar. Hati sapi juga bisa menjadi sumber makanan yang banyak mengandung asam amino esensial. Asam amino esensial dibutuhkan oleh tubuh untuk dirubah menjadi protein yang bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, sistem kekebalan tubuh, dan menunjang sistem hormon dalam tubuh. Hati sapi juga banyak mengandung vitamin B12 yang berfungsi untuk memproduksi sel-sel darah merah. Dalam 100 gram hati sapi ditemukan vitamin A (retinol) hingga 31,718 IU atau sekitar 634 % DV.

Ikan Salmon (2500 IU / 100 gr, 40 %)
Ikan salmon adalah ikan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. ikan salmon memiliki jumlah sodium yang sangat rendah. Selain itu beberapa sumber nutrisi juga ditemukan dalam ikan salmon, seperti asam pantotenat, fosfor, riboflavin, protein, vitamin B6, niacin, vitamin B12 dan selenium.
Ikan Tuna (2183 IU / 100 gr, 44 %)
Ikan tuna menjadi sumber vitamin A yang cukup tinggi. Setiap 3 ons ikan tuna segar mengandung sekitar 1150 IU vitamin A atau sekitar 42 % dari total kebutuhan konsumsi harian. Ikan tuna menjadi sumber retinol yang sangat baik untuk menjaga sistem kekebatan tubuh terutama untuk kesehatan mata. Ikan tuna juga mengandung beberapa nutrisi lain yang sangat baik untuk tubuh seperti niacin, vitamin B12, vitamin D, vitamin B6, asam omega – 3 dan fosfo

Ikan Makarel (187 IU / 100 gr, 4 %)
Ikan makarel banyak diolah menjadi ikan sarden atau jenis ikan olahan yang dikemas dalam kaleng. Ikan makarel mengandung banyak sumber vitamin dan mineral. Ikan makarel mengandung protein, kalsium, selenium, kalium, dan magnesium. Selain itu ikan makarel kaya akan berbagai jenis vitamin seperti niacin, asam folat, kolin, vitamin D, vitamin K, vitamin A, dan juga vitamin B12. Kandungan vitamin A dalam ikan makarel mencapai 187 IU atau sekitar 4 % DV dari kebutuhan konsumsi harian.

Sekian postingan saya kali ini mengenai debngan vitamin A, semoga dapat memberikan info yang bermanfaat buat anda

MAKANAN VITAMIN A Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Dtrs

 

Top